Eksterior Toyota Rush1

2 SUV Ukuran Sedang Terbaik Pada Tahun 2021

Automotive

2 SUV Ukuran Sedang Terbaik Pada Tahun 2021 – Kendaraan sport (SUV) memiliki fungsi paling lengkap di antara jenis mobil lainnya. Ciri khas dari mobil ini adalah bodinya yang besar dan ground clearance yang besar, sehingga dapat dikendarai di medan apapun baik di jalan raya maupun off-road.

Keunggulan SUV tidak hanya memiliki kelebihan lainnya, misalnya sangat nyaman dikendarai bagi pemula atau yang sudah ahli dalam mengendarai mobil. Karenanya, tak heran jika banyak orang memilih mobil jenis ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Saat ini beragam SUV murah juga sudah bisa kita dapatkan di Indonesia. Namun, rata-rata harga sebuah SUV tergolong mahal karena memiliki fungsi yang lebih lengkap dan mesin yang lebih bertenaga dibanding mobil lain.

Tapi jangan khawatir, datang ke sini, para pembuat mobil berlomba-lomba menampilkan SUV terbaiknya dengan harga yang semakin kompetitif.

2 Rekomendasi Mobil SUV Murah dan Terbaik 2021

SUV selalu menjadi pilihan banyak orang, karena dibandingkan dengan jenis mobil lainnya, SUV memiliki fungsi yang lebih lengkap dan mesin yang lebih bertenaga. Meski awalnya hanya tersedia di level premium, pilihan SUV kini semakin murah, berikut ini adalah daftar SUV Murah dan Terbaik dari graham-paige.com :

1. Daihatsu Terios

Daihatsu Terios1

Spesifikasi mesin Daihatsu Terios tidak jauh berbeda dengan Toyota Rush. Satu-satunya perbedaan di antara keduanya adalah harga Daihatsu Terios lebih murah dari Toyota Rush.

Keunggulan SUV ini adalah memiliki sistem keselamatan dan keamanan yang telah didukung oleh Dual SRS airbag, ABS serta tersedia fungsi anti maling dan alarm. Mobil dapat menampung 7 orang.

Eksterior Daihatsu Terios

Eksterior Daihatsu Terios

Kalau bicara soal penampilan Daihatsu Terios memang tergolong terpuji, karena saat ini mobil ini didesain seperti SUV. Terlihat dari bagian depan dan belakang Daihatsu Terios telah digunakan lampu LED di bagian depan, dan desainnya sangat mirip dengan Honda CR-V. Lampu LED juga digunakan di bagian belakang, dan desainnya sangat mirip dengan Honda Mobilio.

Gaya crossover pada desain baru Daihatsu Terios sangat kentara. Karena ini dipengaruhi oleh desain yang dinamis, dan tidak ada ban serep di bagian belakang.

Secara keseluruhan, desain Daihatsu Terios hampir mirip sama Toyota Rush. Mungkin bisa dibilang kedua mobil ini adalah kembar. Dan design ini sangat banyak berbeda dengan generasi sebelumnya.

Dari segi desain yang eye-catching, berbeda sama Toyota Rush yang hanya ada di bagian tengah bodi. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya warna hitam di bagian tengah bodi.

Interior Daihatsu Terios

Interior Daihatsu Terios

Fitur-fitur canggih sudah ada di kabin Diahatsu Terios. Layar sentuh 2DIN dengan fungsi hiburan memiliki fungsi DVD, USB dan mirroring. Dari segi komunikasi sudah menggunakan model digital otomatis.

Pada model tertinggi Daihatsu Terios, tipe R memiliki tombol enter yang cerdas dan fungsi start / stop mesin. Terdapat pengatur ketinggian jok di sisi pengemudi, dan memiliki fitur keselamatan yaitu 2 airbag.

Kamera 360 derajat merupakan fitur canggih yang mudah dikendarai.Dengan adanya fitur pada Daihatsu Terios ini dapat membuat parkir menjadi lebih mudah dan cepat. Dashboard cluster baru dengan MID pada Daihatsu Terios juga merusak pengemudi. Tujuannya untuk memberikan informasi sebanyak mungkin kepada pengemudi Daihatsu Terios.

Performa Mesin Daihatsu Terios

Performa Mesin Daihatsu Terios

Namanya juga SUV, dan sudah pasti mesin yang dibawanya sangat bertenaga. Tipe mesin yang digunakan Daihatsu Terios adalah 2NR VE-DOHC Dual VVTi. Daihatsu Terios memiliki kapasitas silinder 1.496cc.

Mesin Daihatsu Terios ini mampu membuat Daihatsu Terios mampu mencapai performa maksimal 104 Ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 13,9 kgm pada 4.200 rpm.

Meski begitu, Daihatsu Terios tetap bisa menghemat bahan bakar. Pasalnya, Daihatsu Terios sudah memiliki sistem bahan bakar EFI (electronic fuel injection) berkapasitas bahan bakar 45 liter.

Spesifikasi Daihatsu Terios

Spesifikasi Daihatsu Terios

Jika Otolovers tidak paham akan spesifikasi lengkap Daihatsu Terios, belum lengkap. Jika tampilan dan interior Daihatsu Terios cukup menarik perhatian karena desainnya yang mewah dan elegan serta mesin yang kokoh, maka spesifikasi lainnya tentunya akan sama. Benarkah? Yuk simak spesifikasi dari Daihatsu Terios di bawah ini.

Dimensi : 1.695 mm (lebar), 4.435 mm (panjang), 1.705 mm (tinggi), 2.685 mm (jarak sumbu roda)

Mesin : 1.496 cc, 2NR VE-DOHC dual VVTi, 4 silinder, 16 katup

Performa : 104 Ps / 6.000 rpm (tenaga), 13,9 kgm / 4.200 rpm (torsi)

Rem : cakram berventilasi (depan), tromol, depan dan belakang (belakang)

Suspensi : MacPherson strut dengan pegas dan stabilizer (depan), 5 linkage, kapak kaku dengan pegas dan stabilizer (belakang)

Harga Daihatsu Terios

Seperti apa spesifikasi Daihatsu Terios Otolovers? Sudahkah Anda menarik perhatian Otolovers? Jika Anda memang berencana untuk membeli mobil Daihatsu Terios ini, harap pastikan bahwa Otolovers memiliki dana yang cukup.

Harga Daihatsu Terios memang sangat murah, karena model terendahnya sendiri dibandrol dengan harga Rp 211,8 juta, sedangkan harga tertinggi Daihatsu Terios adalah Rp 266.400.000. Ini dia daftar harga Daihatsu Trios terbaru.

Kisaran Harga: Rp 214,45 jt – Rp 267,15 jt

2. Toyota Rush

Toyota Rush

Dengan berjalannya waktu, pengertian mobil keluarga mulai berubah, seiring dengan bertambahnya jumlah dan jenis mobil Indonesia.

Pada awal 2000-an, ledakan LMPV merajalela, dan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memasuki pasar dengan mobil keluarga yang kompak, hemat bahan bakar, dan nyaman.

Pada titik inilah tren mobil mulai bergeser ke SUV atau crossover.Seperti yang kita ketahui bersama, mobil ini memiliki daya jelajah yang tinggi, dan ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan mobil biasa.

Setelah berhasil memasuki pasar melalui LMPV, Toyota dan Daihatsu kembali mencoba menggunakan peruntungannya untuk menunjukkan kepada masyarakat tren segmen low-sport utility vehicle (LSUV) sebagai konsep baru kendaraan keluarga di Indonesia. Hasilnya, Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Ada 4 jenis mobil yang ada di Toyota Rush Indonesia. Harga Toyota Rush Indonesia terbaru berkisar antara Rp 255 juta hingga Rp 275 juta. Ini dia harga Rush terbaru di Indonesia tahun 2020. Ada 7 varian mobil Daihatsu Terios ini. Harga Daihatsu New Terios terbaru berkisar antara Rs 212 crore dan Rs 265 crore. Inilah Harga Mobil Terios Terbaru Tahun 2020. Daihatsu Terios disebut kembar Toyota Rush Indonesia, dan orang tua mereka adalah yang lain.

Baca Juga : 3 Recommended Supercar for You

Di sini, kita akan membahas model Toyota New Rush secara lebih mendalam, yang hadir sebagai alternatif SUV dengan harga terjangkau. Mobil Toyota Rush ini memiliki dua varian yaitu G dan TRD Sportivo yang masing-masing memiliki transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Spesifikasi
Mesin Toyota Rush
Mesin 2NR-VE, Dual VVT-i, DOHC
Kapasitas Silinder Mesin 1.496 cc
Maksimal Tenaga 102 HP @ 6.000 rpm
Akselerasi 13,5 detik (estimasi)
bahan bakar 11,5 km/liter (dalam kota), 16 km/liter (jalan tol)
Tipe Transmisi Manual 5-percepatan / Otomatis 4-percepatan
Penggerak Rear-Wheel Drive
Ukuran Toyota Rush
Ukuran (PxLxT) 4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm
Ukuran Ban 2.685 mm
Ground Clearence 220 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi Toyota Rush
Suspensi Belakang/Depan  5 Link Lateral Rod dengan Stabilizer dan Coil Spring / MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer
Rem Belakang/Depan Ukuran 16 inch disc
Ukuran velg 17 inch (TRD), 16 inch (G)
Ukuran Ban 215/60 R17 dan 215/65 R16

Toyota Rush pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2006 dan merupakan proyek gabungan Toyota-Daihatsu kedua setelah Avanza-Xenia yang sukses sejak diluncurkan tiga tahun lalu.

Namun, sejarah mobil ini bisa ditelusuri kembali ke pergantian milenium. Daihatsu Taruna memulai debutnya di pasaran pada tahun 1999. Diperbaharui pada tahun 2005 dan digantikan oleh Daihatsu Terios dan Toyota Rush setahun kemudian.

Keduanya memiliki versi wheelbase dan penggerak roda belakang yang panjang, dan ternyata Toyota New Rush memiliki beberapa perbedaan dengan Terios. Hal yang paling mencolok adalah Rush memiliki dua baris dengan lima jok, yang berbeda dengan Terios tiga baris, meskipun jok baris ketiga bersifat opsional.

Sejak 2006 hingga 2017, kedua mobil ini menjalani dua kali facelift di Indonesia dan bertahan lama. Pertama di tahun 2010, lalu di tahun 2015. Toyota New Rush memiliki dua model, G dan S. Model terakhir diubah menjadi TRD Sportivo pada 2013.

Meski bisa menampung tiga baris jok, jok baris ketiga bisa dikatakan sangat sempit. Di sisi lain, Toyota Rush Indonesia juga memiliki model ban serep yang dipasang di pintu belakang mobil, terlihat sangat keren dan sangat SUV, namun hal ini membuat mobil tersebut kurang kompak.

Melihat dua kelemahan tersebut, Toyota New Rush generasi kedua dirilis pada Januari 2018 lalu. Berbeda dengan versi sebelumnya, Toyota Rush Indonesia kini memiliki konsep baru dengan kabin yang lebih lega, namun ukuran mobilnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Dibandingkan Toyota sebelumnya, seberapa besar ubahan Toyota Rush baru? Layakkah mobil ini menjadi pilihan keluarga Indonesia? Lihat review lengkapnya di sini.

Eksterior Toyota Rush

Eksterior Toyota Rush1

Seperti yang telah disebutkan di atas, Toyota New Rush generasi kedua telah mengalami perubahan besar pada generasi keduanya. Mulai dari tampilan, garis luar mobil terlihat sangat berbeda, bagian depan terlihat lebih agresif, dan garis depan lebih jelas.

Lampu-lampu ini sekarang lebih tajam dan lebih modern dari sebelumnya, dan juga dilengkapi dengan teknologi LED. Bagian samping dari lampu tersebut terdapat gril berukuran besar yang di cat dengan dekorasi chrome hitam memberikan kesan khas SUV yang sangat khas, tentunya juga memiliki fungsi sebagai pendingin mesin.

Selain itu, fog lamp housing di bagian bawah berukuran lebih besar, dengan lapisan plastik hitam (seperti bumper). Di bagian bawah, Anda juga akan mendapatkan Underguard standar yang model TRD-nya lebih gagah dari model G.

Ngomong-ngomong, kita bisa langsung menyadari bahwa Toyota Rush Indonesia generasi kedua ini jauh lebih panjang dari pendahulunya. Namun, panjang mobil bertambah 230 mm. Ground clearance juga ditingkatkan menjadi 220 mm, yang semakin menambah daya jelajah mobil ini.Bagian bawah mobil memiliki body guard seperti SUV kebanyakan. Namun menurut kami, pemasangan tuang samping pada varian TRD ini agak berlebihan.

Toyota Rush Indonesia memiliki dua ukuran pelek. Pada varian G, Anda akan mendapatkan pelek alloy dua warna berukuran 16 inci, sedangkan untuk varian TRD Sportivo, profilnya naik hingga 17 inci, yang membuat profil samping mobil tampil lebih proporsional dan tidak terlalu goyang.

Tentunya, kembali ke belakang, aneh melihat Toyota New Rush tanpa model ban baru. Namun, kami yakin bahwa desain belakang kini menjadi lebih modern, dan model lampu parkir horizontal memberikan pandangan yang baik ke penumpang belakang.

Beralih ke bawah, Anda akan menemukan perangkat pertahanan belakang yang dipadukan dengan body guard berlapis warna hitam, seakan siap untuk pergi ke berbagai tempat untuk berpetualang.

Interior Toyota Rush

Eksterior Toyota Rush

Perubahan tampilan pada Toyota New Rush generasi kedua juga diimbangi dengan perubahan kabin yang total. Kita mulai dengan dashboard yang berkonsep two tones dan terlihat sangat gagah sekaligus elegan, terutama varian TRD Sportivo dengan material spesial soft-touch.

Pada konsol tengah, perangkat AC otomatis dengan tampilan digital memberikan kesan modern dan praktis saat menyetel AC. Di bagian atasnya adalah host 7 inci yang mendukung koneksi Bluetooth, USB, AUX, dan Miracast.

Di bagian kokpit, Anda akan menemukan setir palang tiga, modelnya sangat keren. Tak hanya desainnya yang stylish, lingkar kemudi juga bisa dimiringkan, dan tak lupa memasang pengontrol audio.

Sebagai mobil 7 tempat duduk, tentunya penting bagi Toyota New Rush untuk memberikan kenyamanan di setiap baris joknya. Hasilnya, tata letak kabin dikonfigurasi ulang untuk memastikan fleksibilitas yang memadai untuk setiap baris.

Kini, posisi jok baris pertama lebih terkontrol, sehingga memberikan pandangan yang lebih baik saat berkendara. Pada saat yang sama, agar baris kedua memperoleh ukuran 45 mm, jok dapat dipindahkan bolak-balik di antara baris ketiga.

Bagaimana dengan ruang baris ketiga? Dengan desain bodi baru, penumpang lebih layak menempati baris ketiga dengan ruang kaki dan kepala yang cukup. Namun karena posisi joknya yang tinggi, jok belakang lebih ideal untuk penumpang dengan tinggi di bawah 170 cm.

Fitur keamanan Toyota Rush

Fitur keamanan Toyota Rush

Demi keselamatan, Toyota Rush bisa dikatakan sangat lengkap. Beberapa model lain yang lebih mahal lebih canggih. Kita mulai dengan fungsi passive safety, di kabin sudah ada 6 SRS airbag, 2 di depan, 2 di side airbag, dan sisanya ada curtain airbags.

Ini juga menyediakan sandaran kepala untuk 7 penumpang dan dilengkapi dengan jumlah sabuk pengaman yang sama. Fungsi pengingat sabuk pengaman tidak hanya berlaku untuk penumpang depan, tetapi juga untuk baris ketiga.

Fungsi tersebut juga dipadukan dengan berbagai perangkat keselamatan modern, seperti anti-lock braking system (ABS), vehicle stability control (VSC), dan hill start assist (HSA). Yang terpenting, semua fitur keselamatan ini bisa dijadikan konfigurasi standar untuk semua varian, bukan hanya varian tertinggi.

Hill-Start Assist

Untuk membantu parkir, disematkan juga fungsi kamera belakang yang juga standar di semua varian. Dengan fitur keselamatan yang lengkap ini, tidak mengherankan jika Toyota Rush mendapatkan bintang lima dari ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).

Baca Juga : Jenis dan Harga ATV Di Tahun 2021

Kesimpulannya

Toyota Rush telah mengubah citranya dari SUV tradisional (dengan ban serep yang indah di bagian belakang) menjadi SUV modern yang menggabungkan keunggulan MPV dan SUV.

Toyota All-New Rush (Toyota All-New Rush) memiliki desain yang lebih modern, kabin yang mampu menampung 7 penumpang, fitur keselamatan yang lengkap di kelasnya dan kemampuan untuk melakukan perjalanan di berbagai medan, berhasil meningkatkan performa kendaraan keluarga modern. standar.

Kisaran Harga: Rp 257,7 jt – Rp 279,1 jt