Honda Brio RS

5 City Car Tepopuler di Indonesia

Automotive

5 City Car Tepopuler di Indonesia – City Car banyak dicari oleh para penggemar mobil. Mobil ini digandrungi banyak orang, dan hampir semua pabrikan mobil sudah merilis produk city car sendiri.

Banyaknya permintaan akan city car, terutama penduduk perkotaan atau perkotaan dan kaum muda. Selain ukurannya yang ringkas dan warna mobil yang sangat menarik, Anda juga harus mempelajari lebih lanjut tentang city car.

Sebelum membahas city car lebih jauh, kita harus tahu apa itu city car. City car mengacu pada mobil yang mesin dan ukurannya dirancang khusus untuk jalan raya di kota besar karena biasanya ramai. Keunggulan mobil mini jenis ini adalah dapat menghemat bensin, karena mobil jenis ini mengkonsumsi bahan bakar lebih sedikit dibandingkan dengan mobil multiguna (MPV). Mobil ini biasanya sangat stylish dalam tampilan dan interiornya.

Pilihan City Car Terbaik Dengan Anggaran Terbatas

Kita bisa membeli banyak pilihan city car di Indonesia. Anda bisa memilih maliki sesuai budget Anda. Jika Anda sedang mencari city car murah, Anda bisa membeli LCGC Toyota Agya, Honda Brio, Daihatsu Ayla atau All New Datsun Go.

Kebanyakan mobil LCGC hanya memprioritaskan fungsi sehingga kurang aman dan nyaman. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan city car terbaik demi kenyamanan pengemudi.

Beberapa mobil non-LCGC yang biasanya harganya kurang dari Rp 200 juta bisa jadi pilihan yang tepat. Mobil jenis ini, seperti Honda Brio RS dan Suzuki Ignis Sport Edition, dilengkapi sistem pengereman ABS dan kantung udara Dual SRS.

Apa kelebihan city car ?

Keunggulan pertama dari city car adalah bentuknya yang kompak, yang memungkinkan pengemudi untuk dengan mudah menavigasi jalanan kota-kota besar yang padat. Bodi City Car yang kompak juga memudahkan kita untuk parkir. Keunggulan selanjutnya adalah mobil ini sangat irit bahan bakar. Karena mesinnya tidak terlalu besar, bobotnya pun tergolong ringan.

Baca Juga : 2 SUV Ukuran Sedang Terbaik Pada Tahun 2021

Apa Kelemahan City Car ?

Mobil ini juga memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan dari mobil ini? Salah satu kekurangan yang sering dijumpai pada mobil ini adalah karena jaraknya yang pendek, tidak dapat melintasi medan yang sulit (seperti menanjak), juga tidak dapat melintasi jalan yang rusak.

Bagi yang ingin menggunakan city car sebagai alat transportasi sehari-hari, detikcom telah merangkum beberapa city car terbaik dengan konsumsi bahan bakar yang irit:

1. Suzuki Ignis

Beberapa mobil baru hampir tidak mengubah penampilan mereka selama beberapa generasi, tetapi Suzuki Ignis bukanlah salah satunya. Dalam masa kemunculannya, Ignis telah berubah dari hatchback bergaya MPV yang monoton menjadi SUV miniatur seperti yang Anda lihat di foto-foto ini.

Saat kita mengatakan kecil, kita benar. Ignis memiliki panjang 3,7 juta dan lebar 1,7 m. Faktanya, ia sangat kecil, seukuran dengan Volkswagen Up dan pesaing Kia Picanto. Namun, dengan lengkungannya yang terbuka, hidung yang mengembang, dan postur yang tegak, tidak ada pilihan lain selain baby SUV yang didesain secara menyeluruh dan eye-catching.

Hanya satu mesin yang tersedia, yaitu bensin 1.2 liter dengan 82bhp, yang menggunakan teknologi hybrid ringan untuk memastikan bisa menyerap oli secara normal. Selain itu, tidak seperti banyak SUV yang saat ini dijual, Ignis kecil sebenarnya menawarkan penggerak empat roda untuk meningkatkan traksi sebagai opsi. Ini sangat praktis; model kelas menengah ke atas memiliki kursi belakang geser, memungkinkan Anda untuk memprioritaskan ruang kaki belakang atau ruang bagasi.

Ada tiga dekorasi yang dapat dipilih: SZ3, SZ-T dan SZ5. Silahkan baca terus untuk mengetahui jumlah voting yang kami dapat. Jika menurut graham-paige Ignis layak untuk dipertimbangkan pada SUV lain, Anda bisa memilih jenis uang ini, seperti Dacia Duster, atau masuk ke kategori SUV kecil dengan kompetitor yang lebih mahal. , seperti Ford Puma. , Skoda Kamiq dan Volkswagen T-Roc.

2. Daihatsu Sirion

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja meluncurkan Sirion terbaru kemarin (19 Maret 2020). Ada beberapa hal yang menarik. Tidak hanya dirilis melalui live streaming YouTube akibat merebaknya virus corona, tapi juga karena Daihatsu memudahkan penyebarannya. Coba buka website resmi Dafa. Saluran khusus tentang “Sirion Baru” seperti manga.

Pabrikan mendeskripsikan tampilan, interior, fungsi, sistem keamanan, dan warna dalam kartun lucu. Ini bisa dimengerti. Sasaran penonton Daihatsu Sirion adalah kaum muda, yang kebanyakan menyukai kartun warna-warni. Sirion baru sendiri akan mengalami berbagai perubahan. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1998, Sirion telah melakukan berbagai penyempurnaan. Di Indonesia, facelift terakhir dilakukan pada tahun 2018 yang mengubah penampilannya secara signifikan.

Tahun ini terlihat lebih modern. Meski tidak banyak perubahan untuk menutupi area terluar, fitur-fiturnya sedikit. Menariknya, ubahan yang diterapkan hanya berpengaruh pada harga model gearbox manual. Sirion sendiri memiliki dua gigi pengganti. Harga versi manual masih 201 jutaan rupiah (on the road Jakarta). Sementara itu, vending machine meningkat dari Rp 211,1 jt menjadi Rp 214,85 jt.

3. Honda Brio RS

Honda Brio RS

Sejak peluncuran PT. Honda Prospect Motor, Honda Brio RS tahun 2016. 12 CVT lebih menarik dari pendahulunya. Review kecil-kecilan yang dilakukan HPM berhasil menarik perhatian anak muda.

Seperti kita ketahui bersama, ada beberapa tipe Honda Brio yang dijual di Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, ada beberapa tipe Honda Brio yang dijual di Indonesia. Biasanya Brio juga punya varian dasar yang disebut Brio Satya. Model tertinggi adalah Honda Brio RS, model facelift yang memulai debutnya pada tahun 2016.

Sedangkan untuk varian RS, baik dari tampilan maupun dari dalam, fungsinya lebih lengkap. Honda Brio RS yang bisa dibeli di Carro.id memiliki transmisi otomatis yang menjadikan mobil ini ideal untuk sering digunakan di kondisi lalu lintas perkotaan yang padat.

4. Datsun Cross

Datsun Cross

Dengan bubarnya brand Datsun Indonesia, nama Datsun Cross perlahan menghilang. Nyatanya, grafis Datsun Cross sangat unik karena merupakan versi crossover dari LCGC Datsun Go +. Biar bikin kamu nggak penasaran, kali ini kami akan membahas sosok Datsun Cross dalam komentar singkatnya.

Datsun Cross adalah produk yang dikembangkan oleh Datsun Go +. Mobil tersebut dirilis oleh Datsun Indonesia yang awalnya diproduksi di pabrik Nissan-Datsun di Purwakarta, Jawa Barat.

Datsun Cross hadir untuk mengisi gap antara LCGC dan city car bagi konsumen yang ingin tampil beda. Pasalnya, konsep yang dibawanya merupakan alat multifungsi untuk aktivitas perkotaan. Dari segi harga, tidak banyak perbedaan antara itu dan produk kelas LCGC.

Datsun Cross dibangun di atas platform dari Datsun Go + Panca, namun hal tersebut berarti bukan kualitasnya setara. Bisa juga dibilang Cross merupakan penyempurnaan dari MPV sekelas LCGC.

Transmisi manual lima percepatan Datsun Cross dibanderol Rp 161,5 juta. Versi otomatis dibandrol dengan harga Rp 174 jutaan.

Karena berbasis Datsun Go +, ia memiliki banyak kemiripan teknis dengan saudara versi LCGC-nya.

Datsun Cross Adalah Versi Mahal Dari Datsun Go+

Jika kita menyebut Datsun Cross sebagai varian mahal dari Datsun Go +, tidak ada salahnya. Alasannya adalah base yang digunakan sama, namun fungsi attachment dan support pada Datsun Cross berbeda.

Kabin Datsun Cross lebih serbaguna, dan tidak terlihat semurah dua model pionir mereka di Indonesia. Desainer Datsun menambahkan dekorasi perak pada bezel, dengan warna hitam sebagai warna utama, meningkatkan kesan bergerak.

Duduk di dalam kabin, Anda akan melihat panel instrumen minimalis, yang berisi speedometer, takometer, dan berbagai tampilan informasi. Terdapat layar 6,75 inci di konsol tengah, yang dilengkapi dengan koneksi Bluetooth, USB, AUX, dan smartphone.

Selain itu, ketinggian penempatan jok telah ditingkatkan sebesar 10 mm, yang menjadikan posisi mengemudi lebih leluasa dan memiliki pandangan yang lebih luas. Aspek pengurangan kebisingan juga mendapat perhatian karena sekarang sunyi.

Seperti yang kita ketahui bersama, di Datsun Go dan Go + Panca, kabinnya masih belum begitu senyap. Biasanya deru aspal di roda masih bisa terdengar dengan jelas. Datsun Cross bertujuan untuk mengurangi kebisingan, getaran, dan kekerasan.

Saat melihat Datsun Cross di awal peluncuran, patut dipuji peredaman kabinnya karena bagian bawahnya sangat senyap.

Baca Juga : Jenis dan Harga ATV Di Tahun 2021

Namun desain bingkainya tidak terasa terlalu kaku, karena benturan aspal sangat terasa di setiap sudut bodi. Di jalan bergelombang, gejala “glodak” mungkin akan terasa di dalam kabin.

5. Hyundai Grand i10

City car buatan Korea Selatan ini harganya sangat mahal. Mobil versi manual dibandrol dengan harga Rp 184 juta dan versi otomatis dibanderol Rp 211,5 juta. Di bawah kapnya, Hyundai Grand i10 ditenagai oleh mesin Kappa 1,25 MPI D-CVVT.

Dengan mesin ini, city car dikatakan bertenaga namun tetap irit. Interiornya dilengkapi dengan ventilasi AC yang ergonomis di bagian belakang, head unit audio 2 din dan speaker depan dan belakang 4 arah, jok half-bucket, setir electric power steering (MDPS) dan jok belakang berlapis kulit yang menutupi lingkar kemudi.

Dari segi keselamatan, Hyundai Grand i10 dilengkapi dengan airbag yang memenuhi teknologi HRBS (Modern Enhanced Body Structure), yaitu sasis atau rangka cangkang keras yang terbuat dari baja berkualitas tinggi. Fungsi HRBS mirip dengan roll cage untuk melindungi penumpang.