Hyundai Sonata Hybrid Limited 2021

Reviews

Hyundai Sonata Hybrid Limited 2021, Hyundai mendesain ulang sedan Sonata pada tahun 2020, berharap bahwa gaya baru dan teknologi yang diperbarui akan membantunya bersaing dengan mid-sizer populer lainnya seperti Toyota Camry dan favorit lama kami di segmen ini, Honda Accord.

Tapi sementara Hyundai menjual 76.997 Sonata tahun lalu, Honda memindahkan hampir 270.000 Accord, dan hampir 300.000 Camry menemukan rumah baru, membuktikan bahwa penampian kategori sedan — tidak ada lagi Ford, tidak ada lagi General Motors — hanya menyisakan persaingan yang paling kejam.

Baca Juga : Uji Jeep Wrangler 4xe 2021, Wrangler Plug-in-hybrid Baru

Dan untuk bersaing dengan Camry dan Accord, Anda perlu menawarkan model hybrid yang hemat bahan bakar. Hyundai sebenarnya menawarkan dua Sonata listrik yang berbeda, Sonata Hybrid dan Sonata Hybrid Blue, dengan yang terakhir mencetak EPA gabungan 52 mpg. Namun, tidak seperti Accord, kesenangan di balik kemudi sepertinya bukan bagian dari desain singkat Sonata.

Menurut graham-paige.com Sonata Hybrids ditenagai oleh mesin empat silinder 2.0 liter 150-hp yang dipasangkan dengan motor listrik dan baterai, menghasilkan gabungan 192 tenaga kuda. Model yang diperbarui memiliki program perpindahan gigi baru untuk transmisi otomatis enam kecepatan, yang diklaim Hyundai membuat perpindahan gigi lebih mulus. Meskipun demikian, transisi antara motor listrik dan mesin gas berlangsung lambat, dan terkadang ada jeda saat pemindahan gigi.

Transmisi otomatis konvensional Sonata membuatnya menjadi outlier di kerumunan hybrid ukuran menengah, dengan Accord menggunakan transmisi direct-drive satu kecepatan dan Camry menggunakan continuous variable automatic (CVT). Accord tidak jauh lebih bertenaga daripada Sonata—berperingkat 212 tenaga kuda—tapi ini satu detik penuh lebih cepat hingga 60 mph, membutuhkan waktu 7,1 detik untuk mencapai 60 mph dibandingkan dengan Sonata yang berlari 8,1 detik.

Bahan Bakar Ekonomis Yang Luar Biasa, Kabin Mewah di Trim Atas, Solar Roof

Tampilan baru Hyundai untuk Sonata umumnya menarik, meskipun terlihat agak canggung dari beberapa sudut, dan velg 17-inci mobil uji kami, standar pada model SEL dan Limited, juga tidak membantu penampilannya.

Tapi roda kecil membantu dengan ekonomi bahan bakar, seperti yang ditunjukkan oleh nomor EPA Biru-menggunakan roda 16-inci. Trim Touring teratas Honda untuk Accord Hybrid dapat dilengkapi dengan satu set roda 19 inci, yang kemungkinan mengurangi penghematan bahan bakarnya dalam pengujian terbaru kami.

Saat kami menguji Hyundai Sonata Hybrid 2020, kami mencapai 51 mpg selama uji ekonomi bahan bakar jalan raya 75 mph. Dan kami hampir tidak melihat pengukur bahan bakar berdetak selama waktu kami dengan contoh tahun 2021 ini. Sonata Hybrid 2021 memiliki peringkat EPA pada 47 mpg gabungan, sedangkan model Biru mendapatkan peringkat 52 mpg berkat paket roda dan ban 16 inci dan pelepasan ban cadangan.

Baca Juga : Doubling down, Royal Enfield Continental GT 650

Sebuah hibrida Honda Accord hanya berhasil 35 mpg dalam uji ekonomi bahan bakar jalan raya kami, defisit yang tidak dapat dianggap berasal dari salah satu faktor. Namun di jalan raya, transmisi otomatis konvensional Sonata serta velg dan ban yang lebih kecil jelas memberikan keunggulan. Skor Toyota Camry hingga 52 mpg di peringkat EPA, tetapi Camry yang dilengkapi CVT juga kurang memikat untuk dikendarai.

Eksklusif untuk model Limited, Sonata menawarkan fitur unik di segmennya: panel surya di atap. Hyundai mengatakan bahwa solar roof dapat menambah jarak mengemudi hingga dua mil per hari, dan mengisi baterai standar 12 volt dan baterai lithium-ion 1,6 kWh powertrain hybrid. Jika baterai 12 volt mati, Sonata adalah hibrida langka yang dapat memulai sendiri. Tekan tombol Reset Batt 12V di dasbor dan Hyundai akan menggunakan baterai tegangan tinggi sebagai jump pack onboard. Sangat pintar.

Paket bantuan pengemudi SmartSense Hyundai adalah standar pada semua model, dan itu termasuk bantuan pemeliharaan lajur, bantuan pengereman, dan sistem pemantauan pengemudi. Sayangnya, sistem parkir jarak jauh Smart Park Hyundai —ingat iklan Super Bowl?—tidak ada dalam daftar opsi hibrida. Untungnya, kamera surround-view mobil dan sensor parkir depan dan belakang memudahkan parkir.

Segera setelah Anda membuka pintu yang terasa kokoh, terbukti bahwa ini adalah kerabat Genesis , sayap mewah Hyundai. Kursi pengemudi tampaknya luar biasa tinggi, mungkin tawaran halus untuk menjaga pembeli crossover potensial di kamp sedan. Saat memulai, kluster pengukur menjadi hidup dengan grafis animasi yang tajam yang terlihat seperti sesuatu dari merek Jerman.

Namun, layar 12,3 inci di belakang kemudi hanya tersedia pada model Limited top-of-the-line. Sentuhan Genesis juga terbawa ke dalam kontrol iklim, di mana cincin perak bertekstur mengelilingi kenop. The Limited mendapat layar infotainment dasbor 10,3 inci, dengan model lain mendapatkan layar 8,0 inci. Di sana, seperti pada produk Hyundai dan Kia lainnya, pengemudi dapat memilih serangkaian suara yang menenangkan, seperti perapian yang berderak.

Sonata Hybrid memiliki harga antara Accord dan Camry, mulai dari $28.755 untuk model dasar Blue. Mobil uji terbatas kami, yang mencakup lampu depan LED penuh, atap surya, dan interior kulit, ditempel seharga $36.474, yang masih jauh di bawah harga rata-rata mobil baru.

Sonata mungkin bukan jagoan performa di segmen mid-size-hybrid, tetapi ia memiliki keunggulan khusus, penghematan bahan bakar di jalan raya yang luar biasa, dan gaya yang berani memiliki sudut pandang di antara mereka.

Tapi Anda mendapatkan kedua hal itu pada model yang paling murah, Blue, bersama dengan tambahan lima mil per galon. Jadi, sementara kami menikmati embel-embel mewah seperti halnya siapa pun, tampaknya Sonata Hybrid yang paling menarik juga yang paling terjangkau.